Mengenal Manfaat Daun Kelor - motivasi
Headlines News :
Home » » Mengenal Manfaat Daun Kelor

Mengenal Manfaat Daun Kelor

Written By Optimist Visionary on Selasa, 04 Desember 2012 | 20.46


Tanaman Kelor mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Berbagai bagian dari tanaman ini bisa dimakan. Di beberapa daerah, polong muda yang paling sering dimakan, sedangkan daun kelor adalah bagian paling umum digunakan.

Secara tradisional daun kelor dimasak dan digunakan seperti bayam. Selain digunakan segar sebagai pengganti bayam, daun biasanya dikeringkan dan ditumbuk menjadi bubuk digunakan dalam sup dan saus. Sebagai catatan Penting untuk diingat bahwa seperti kebanyakan tanaman kelor pemanasan di atas 60 derajat celcius dapat menghancurkan beberapa nilai gizi.

Bunganya dapat dimakan saat dimasak dan terasa seperti jamur. Kulit kayu, getah, akar, daun, biji, minyak, dan bunga digunakan dalam pengobatan tradisional di beberapa negara. Di Jamaika, getah digunakan untuk pewarna biru alami.

Daun Kelor adalah bagian yang mengandung banyak manfaat. Secara umum dapat dikonsumsi karena mengandung gizi dan protein tinggi. Remasan daun dapat juga dimanfaatkan sebagai penutup luka. Daun kelor dapat digiling halus untuk dijadikan bedak penghilang noda dan flek di wajah

Fakta tentang kandungan daun kelor adalah :

1. Daun kelor mengandung lebih banyak vitamin C.

Vitamin C memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan melawan penyakit infeksi termasuk flu dan pilek. Buah- buah yang berasa asam seperti jeruk dan lemon mengandung banyak vitamin C. Tetapi Vitamin C daun kelor 7x lebih banyak daripada jeruk.

2. Daun kelor mengandung Potassium

Potassium penting untuk otak dan saraf. Pisang adalah sumber potassium yang sangat baik. Daun kelor mengandung potassium 3x lebih banyak daripada pisang.

3. Daun kelor kaya akan Vitamin A

Vitamin A bertindak sebagai pelindung melawan penyakit mata, kulit, jantung, diare,dan banyak penyakit ringan lainya. Wortel diketahui sangat kaya vitamin A. Tetapi vitamin A pada daun kelor 4x lebih tinggi dari pada wortel.

4. Daun kelor mengandung Kalsium

Kalsium membangun tulang dan gigi yang kuat dan membantu mencegah osteoporosis. Susu menyediakan banyak kalsium tapi kalsium pada daun kelor 4x lebih banyak dari kalsium susu.

Daun kelor dapat membantu membangun kembali tulang-tulang yang lemah, mengatasi kekurangan darah dan membantu para ibu yang kekurangan gizi untuk memenuhi gizi bagi bayinya. Para dokter di Africa menggunakan daun kelor untuk pengobatan diabetes dan di India daun kelor digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Beberapa penyakit yang dapat dibantu kesembuhannya oleh pohon kelor adalah:

1. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Daun kelor mengandung zat aktif tumbuh-tumbuhan (pitokimia) berupa glycoside, mustard oil glycoside, thiocarbamate, isothiocyanat yang mampu menurunkan tekanan darah. Penurunan tekanan darah tersebut disertai dengan penghilangan kolesterol penyebab penyempitan pembuluh darah oleh senyawa ß sitosterol dan juga peningkatan volume air seni (diuretika). Jarang dijumpai baik obat-obatan kimia tunggal maupun pitokimia memiliki kinerja penurunan tekanan darah seperti daun kelor yang mampu menurunkan tekanan darah disertai menghilangkan kolesterol serta memperbanyak air seni sehingga sangat baik bagi kesehatan jantung (Medical and AromatisPlants).

2. Kencing Manis (Diabetes)

Hasil penelitian Jaiswal Dolly peneliti dari Departemen Kimia Universitas Allahabad India membuktikan senyawa aktif daun kelor lebih efektif serta jauh lebih aman dalam penurunan KADAR GULA DARAH dibanding obat kimia GLIPIZIDE (obat kencing manis yang biasa diresepkan dokter, Trubus agustus 2011). Penurunan kadar gula darah disebabkan pengaruh senyawa TERPENOID yang menstimulasi sel-sel ß pankreas untuk mengeluarkan insulin.

3. Anti Kolesterol

Senyawa ß sitosterol yang mampu mengikat kolesterol hingga lemak yang ada didalam hati (lever), jantung dan pembuluh darah aorta dapat diturunkan dan dikeluarkan lewat pembuangan kotoran. Pengerasan pembuluh darah dapat dikurangi hingga 86% dalam 12 minggu terapi.

4. Antioksidan

Antioksidan yang dikandung daun kelor cukup tinggi dan terdiri dari bermacam-macam senyawa seperti carotenoids, lutein, xanthin, kaemferol, quercetin, rutin, dll yang mampu mengikat radikal bebas didalam tubuh. Dampak kinerja tersebut menjadikan tubuh segar dan fit, anti kanker dan tumor dan tidak mudah sakit. Melindungi kerusakan hati dan ginjal. Hal ini disebabkan oleh pengaruh kandungan antioksidan yang tinggi (Biology and Medicine vol. 3 special issue 27-35, 2011), (Trubus edisi Agustus 2011).

5. Daun kelor ternyata juga memiliki khasiat untuk membantu peyembuhan penyakit, kelainan serta ganguan kesehatan antara lain :
Membantu mengatasi kemandulan pada pria serta meningkatkan aktivitas sex pada pria (Watcho et al, 2001).
Menyembuhkan penyakit SPLENOMEGALI yaitu terjadinya pembengkakan pada limpa (Trubus edisi Agustus 2011). Penyebab pembengkakan dapat disebabkan karena penyakit kanker hati. Pembengkakan tersebut menyebabkan nyeri hebat pada punggung dan ulu hati.
Mempercepat produksi sel-sel darah merah hingga baik dikonsumsi oleh orang yang kekurangan darah akibat pendarahan / sehabis melahirkan.
Membantu meringankan sakit pegal karena asam urat, rematik, serta mampu memperkuat rahim dan saluran indung telur (Trubus edisi Agustus 2011).

Daun Kelor Membantu mengatasi :
Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Kencing Ma nis(Diabetes)
Anti Kolesterol
Membantu mengatasi kemandulan pada pria serta meningkatkan aktivitas sex pada pria
Mempercepat produksi sel-sel darah merah hingga baik dikonsumsi oleh orang yang kekurangan darah akibat pendarahan / sehabis melahirkan.
Membantu meringankan sakit pegal karena asam urat, rematik, serta mampu memperkuat rahim dan saluran indung telur
Mampu menjaga stamina tubuh



http://pondokibu.com/mengenal-manfaat-daun-kelor.html
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

Trending Topik

Popular Posts

 
Support : Creating Website | MOTIVASI | MOTIVASI
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. motivasi - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by MOTIVASI